Rabu, 24 Februari 2010

PERMINTAAN
- Pengertian Permintaan:
Permintaan adalah keseluruhan jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu.
Contoh : Permintaan di Pasar yang bertindak sebagai permintaan yaitu pembeli sedangkan penjual bertindak sebagai penawaran. setelah itu terjadilah transaksi antara penjual dan pembeli.
- Faktor yang Mempengaruhi permintaan:
a.Harga barang pengganti
Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan. Contohnya: bila harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya sama harganya dengan tiket kereta api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai alat transportasi. Contoh lain: untuk seorang pelajar bila harga pulpen lebih mahal dari pensil, maka ia akan cenderung untuk membeli  pensil.

b.Harga barang substitusi(pelengkap)
Membeli barang subsitusi. Contoh: kompor dengan minyak tanah, karena harga minyak tanah mengalami kenaikan maka orang beralih menggunakan bahan bakar minyak tanah dan beralih ke bahan bakar gas.

c.Barang substitusi
Barang substitusi yaitu barang pelengkap. Contoh: teh dengan gula.


d.Rata-rata Pendapatan Konsumen
Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya. 

e.Jumlah populasi/penduduk
Bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan. Contoh: kebutuhan akan bahan pokok beras, konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga tinggi, walaupun pemerintah sudah menetapkan harga pokok.
 f.Estimasi/perkiraan/ramalan
Apabila konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya. Contoh: Pada saat krisis ekonomi, ketika konsumen memperkirakan harga-harga sembako sehari-hari pada hari besoknya akan melambung tinggi, maka mereka akan memborong sembako tersebut hari ini. 

g.Selera, lokasi dan distribusi
Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan, demikian sebaliknya. Contohnya: permintaan terhadap telepon genggam yang semakin melaju pesat perkembangan teknologi. Lokasinya yaitu apakah lokasi dalam melakukan penjualan barang kepada pembeli dapat dilihat oleh pembeli. Distribusi yaitu penyaluran barang kepada penjual untuk dijual kembali kepada pembeli.
- Hukum Permintaan (The Law of Downward Sloping Demand):
Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Dalam hukum permintaan jumlah barang yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini dikarenakan:
a. naiknya harga menyebabkan turunya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya jumlah permintaan.
b. naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.
- Kurva Permintaan:
Kurva Permintaan adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).


PENAWARAN
- Pengertian Penawaran:
Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu pasar tertentu.
- Faktor yang Mempengaruhi Penawaran:
a.Biaya produksi
Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.

b.Teknologi
Adanya kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap biaya produksi dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar.

c.Harga barang pelengkap dan pengganti
Apabila harga barang pengganti mengalami kenaikan maka produsen akan memproduksi lebih banyak lagi karena berasumsi konsumen akan beralih ke barang pengganti karena harganya lebih murah.

d.Pajak
Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berakibat naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.
e.Estimasi/perkiraan/ramalan
Apabila kondisi pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang dan tingkat harga barang dan jasa naik, maka produsen akan menambah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Tetapi bila pendapatan masyarakat tetap, biaya produksi mengalami peningkatan, harga barang dan jasa naik, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang dan jasa yang ditawarkan atau beralih pada usaha lain.

f.Tujuan Perusahaan
Bila perusahaan berorientasi untuk dapat menguasai pasar, maka dia harus mampu menekan harga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan sehingga keuntungan yang diperoleh kecil. Bila orientasinya pada keuntungan maksimal maka perusahaan menetapkan harga yang tinggi terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. 
g.Ketersediaan dan harga barang pelengkap/pengganti
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
- Hukum Penawaran:
Bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
- Kurva Penawaran:
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X). Contoh: jumlah pakaian batik yang ditawarkan Ibu Nina pada berbagai tingkat harga.
Keseimbangan Permintaan dan Penawaran
>Salah satu pelopornya adalah Leon Walras
>Konsumen selain sebagai pembeli barang konsumsi juga sebagai penyedia faktor produksi
>Harga bersifat relatif
>Menganut hukum Walras yaitu :
  Nilai barang yang ditawarkan sama dengan nilai barang yang diminta atau setara dengan jumlah uang yang diterima sama dengan jumlah uang yang dikeluarkan
 


0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates