Jumat, 20 November 2009

ORGANISASI MAHASISWA



Apakah Anda tahu apa artinya Organisasi? Gimana cara membentuk suatu organisasi? Apa keuntungan mengikuti organisasi? Apa kekurangan dalam mengikuti organisasi? Pertanyaan yang ingin kita tanyakan tentang organisasi sebenarnya banyak sekali. Akan tetapi cukuplah melengkapi pertanyaan diatas walau hanya sedikit saja.
Menurut saya Organisasi yaitu sekumpulan atau sekelompok manusia yang bekerjasama dengan membuat suatu perencanaan kerja dan peraturan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, yang tujuannya dalam satu kelompok mempunyai masing-masing tujuan yang sama walaupun tidak semua pada masing-masing kelompok yang anggotanya ada yang bertujuan berbeda.
Cara membentuk suatu organisasi yaitu adanya kerjasama dua orang atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama dalam membentuk organisasi untuk tujuan mencapai tujuan tersebut, dan masing-masing anggota-anggota didalam suatu kelompok mempunyai tugas tertentu untuk organisasi yang dibentuknya dan saling bekerjasama dengan anggota dalam satu kelompok.
Keuntungannya dalam mengikuti organisasi yaitu mempunyai pengalaman yang baru, dapat memberi bantuan jika kalau kita sedang kesusahan, menghilangkan kebosanan dan kesepian, mempunyai teman-teman yang baru walupun ada juga teman yang lama, mengisi waktu luang, mendapat pengetahuan yang belum kita ketahui. Sedangkan kerugiannya dalam mengikuti organisasi tergantung apa yang kita ikuti organisasi tersebut misalnya: organisasi mafia mempunyai pengaruh buruk terhadap kekerasan dan penyogokan, organisasi pengedar narkoba yang dapat menjerumuskan ke dalam lubang kejahatan, dan organisasi negatif lain-lainnya.
Di negara Indonesia ini banyak sekali organisasi-organisasi dibentuk oleh manusia. Tak perlu jauh-jauh dech misalnya organisasi di dalam kampus atau universitas yaitu organisasi kemahasiswaan. Organisasi kemahasiswaan dibentuk karena dapat meningkatkan penalaran seseorang, ada juga dikarenakan minat, hobi dan bahkan bakat mahasiswa.
Banyak sekali organisasi yang kita ketahui selama ini, yang masing-masing setiap orang mempunyai tujuan yang sama. Contohnya: organisasi kemahasiswaan yang sangat terkenal di universitas yaitu BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) merupakan organisasi induk kemahasiswaan intern pada tingkat universitas yang dibentuk oleh dan untuk mahasiswa dibawah pimpinan UG dan terdiri atas seluruh mahasiswa. BEM seperti kalau di SMP atau SMA dikatakan sebagai ketua OSIS.
Tugas organisasi BEM yang saya ketahui yaitu untuk mengkoordinir seluruh kegiatan kemahasiswaan yang ada pada lingkungan universitas dalam rangka membantu pimpinan universitas dengan pembinaan dan pengembangan kehidupan kemahasiswaan sebagai forum diskusi, musyawarah, saling tukar menukar informasi dan komunikasi untuk mencapai tujuan pendidikan di UG (Universitas Gunadarma). Selain itu ada lagi tugasnya yaitu mewakili mahasiswa pada tingkat universitas, guna merencanakan, mengkoordinasikan, serta melaksanakan kegiatan organisasi kemahasiswaan dalam bidang ekstrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai garis-garis program yang telah ditetapkan dan dapat memberikan saran atau usul atau pendapat kepada pimpinan universitas terutama yang berkaitan dengan fungsi pelaksanaan dan pencapaian tujuan pendidikan.
Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dibidang ekstrakurikuler BEM universitas membentuk beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan BEM fakultas. Pengurus masing-masing UKM dan BEM fakultas bertanggung jawab pada pengurus BEM universitas.
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah kegiatan mahasiswa untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing, dan keanggotaannya bersifat sukarela sesuai dengan kesamaan minat atau bakat mahasiswa.
Tugas UKM diantara lain yaitu merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pada tingkat universitas yang terdapat pada fakultas masing-masing dalam bidang kegiatan tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Fungsi UKM adalah dapat kegiatan ekstrakurikuler tertentu di tingkat universitas yang pada fakultas masing-masing, baik yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan bakat. Ada beberapa UKM yang berdiri pada saat ini yang saya ketahui di UG yaitu UKM Taekwondo, UKM Sepak Bola, UKM Bola Hockey, UKM Bola Basket, UKM Pencinta Alam, UKM Rohani, UKM Majalah atau Koran Kampus, UKM Fotografi, UKM Paduan Suara, UKM Catur, UKM Komputer, dan masih banyak lagi UKM yang berada pada UG.
Sedangkan BEM Fakuktas memiliki tugas yang hampir sama dengan BEM akan tetapi berbeda, kalau BEM mengurus seluruh kegiatan mahasiswa pada tingkat universitas sedangkan BEM fakultas hanya mengurus pada fakultas saja. Tugas BEM fakultas yang saya ketahui yaitu Mewakili mahasiswa ditingkat fakultas dan merencanakan, serta mengkoordinasikan, memprogram kegiatan ekstrakurikuler pada tingkat fakultas yang bersifat penalaran dan keilmuan yang sesuai dengan garis-garis program yang telah ditetapkan dan dapat mengembangkan wawasan pengetahuan yang luas di fakultas.
BEM Fakultas pada kegiatan ekstrakulikuler mempunyai fungsi yaitu dapat menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa di tingkat fakultas, merencanakan dan mengkoordinasikan serta memprogram garis-garis sesuai program kerja yang telah ditetapkan pada tingkat fakultas.


Keterangan : apabila ada tulisan yang kurang berkenan mohon dimaafkan…thx

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates